Minggu, 16 Januari 2011

Kerajinan Gembol

Kerajinan Gembol
Gembol yang dimaksud disini adalah bonggol dari akar pohon berkayu berdiameter yang dapat diolah menjadi karya seni.

Menjadi salah satu dari hasil kerajinan Banyuwangi yang banyak diminati. Gembol yang tadinya hanya merupakan bongkahan akar yang untuk pengambilannya sendiri dibutuhkan ketekunan dan kerja keras karena harus membongkar akar pohon yang telah ditebang dan keberadaannya didalam tanah, ditangan seorang yang memiliki inisiatif, seni dapat menjadi produk bernilai. Apalagi ditambah dengan keahliannya memahat, mengukir menjadi 180 derajat nilainya, menjadi satu hasil karya seni.

Seni Kerajinan Gembol Banyuwangi mungkin sudah tergolong langkah ditemui, hal ini dikarenakan minimnya ketersediaan bahan baku. Tapi kita masih dapat melihat hasil karya Seni Gembol ini di even-even pameran yang diselenggarakan di Banyuwangi.

Pemilik-pemilik hasil kerajinan Gembol Banyuwangi tidak hanya diwilayah Banyuwangi saja, tetapi sudah banyak beredar keluar kota, pulau, bahkan berita terakhir, wisatawan asing juga ada yang memesan hasil Kerajinan Gembol dan dibawa sendiri dengan bantuan ekspedisi mereka. Selamat berkunjung ke Banyuwangi dan menikmati Kerajinan Gembol Banyuwangi.

Tidak ada komentar: